PALEMBANG  –Sebagai salah satu universitas negeri di Palembang dan Sumatera Selatan. Fakultas Hukum Unsri terus berjuang memperbaiki mutu pendidikan dan menargetkan diri menjadi fakultas bertaraf internasional. Di samping itu membentuk alumni atau lulusan yang berdaya saing tinggi. Kondisi itu telah dibuktikan sejak lama hingga kini.

Statemen itu mengemuka dari Dekan Fakultas Hukum Unsri, Dr. Febrian, SH, MS saat memberikan sambutan pada  Yudisium, Pelantikan dan  Pelepasan Sarjana Hukum (SH) pada Yudisium ke-166, Magister Kenotariatan pada Yudisium ke-54, Magister Hukum pada Yudisium ke-109 dan Doktor Ilmu Hukum pada Yudisium ke-32  yang dilaksanakan pada Selasa (20/6/2023) di Hall FH Tower Lantai 8 Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Kampus Palembang Sumatera Selatan.

Acara yang berlangsung sangat khidmat tersebut dihadiri ratusan alumni, orangtua, undangan dan hadirin lainnya. Dengan dipandu  Master of Ceremony (MC)  Gisti Nur Asiah salah seorang mahasiswa Fakultas Hukum acara dimulai dengan prosesi para pimpinan fakultas, dosen dan tamu dari University Kebangsaan  Malaysia (UKM) yang memasuki ruangan. Kemudian dilanjutkan dengan  menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dipimpin oleh Teti Kadi lalu mengheningkan cipta dipimpin oleh Dekan FH Unsri Dr. Febrian, SH, MS serta dilanjutkan menyanyikan Hymne  Universitas Sriwijaya.

Berlanjut dengan pembukaan yudisium untuk sesi pertama oleh Dekan FH Febrian, SH, MS, dimulai dengan pembacaan keputusan Dekan FH Unsri tentang Yudisium Sarjana Hukum (SH) ke-166, tahun akademik 2022-2023 oleh Aminudin SH, sebanyak 100 orang Sarjana Hukum.  Kepada para alumni diberikan ijazah dan transkrip akademik serta berhak memakai gelar sesuai ketentuan.

Para wisudawan yang diyudisium dan memperoleh predikat Cumlaude atau DenganPujian  mulai dari M Ridwan Jogi, SH dengan IPK 3,92, Ayu Fadhilah SH IPK 3,79, M Abid Bagas SH, 3,74, Farahdina Yunita SH dengan IPK 3,64. Kemudian dilanjutkan pengalungan Gordon hingga selesai.

Dari  100  lulusan tersebut memperoleh predikat dengan pujian 55 orang, sangat memuaskan 45 orang. Lalu dilanjutkan dengan pengalungan gordon oleh dekan dan pemberian penghargaan kepada mahasiswa aktif berorganisasi. Ke-100 orang Sarjana Hukum kemudian dilantik oleh dekan yang kemudian dilanjutkan Ikrar Aalumni yang dipimpin oleh Anang Maulana

Usai itu dilanjutkan dengan sambutan mewakili alumni yang dibawakan oleh M Ridwan Jogi SH alumni yang memperoleh predikat Cumlaude atau  dengan pujian. Ridwan mengucapkan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT sehingga kita memperoleh kesempatan untuk mengenyam Pendidikan hingga perguruan tinggi.

Terima kasih kepada para pimpinan fakultas dan para dosen dan staf dan karyawan yang telah memberikan dedikasi dan idealisme sehingga mendidik para mahasiswa dengan sangat baik. Terimakasih juga kepada orangtua yang telah mendampingi pada acara yudisium tersebut. Juga shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa dari zaman jahiliyah hingga zaman penuh ilmu dan tingginya peradaban ini.

Dia kemudian juga mengingat kondisi suka duka belajar termasuk saat menulis skripsi dan lainnya sehingga kesuksesan ini adalah sesuatu yang mendatangkan kesyukuran. Alumni ini juga meminta maaf saat interaksi di kelas mungkin ada salah khilaf baik kata dan perbuatan.

Di samping itu yang menarik alumni ini mengajak dengan menjadi alumni Unsri untuk menjadi orang-orang berkualitas yang bisa menciptakan lapangan kerja. Bukan hanya itu dia mengajak untuk tetap saling berkomunikasi dengan sesama alumni.

Usai itu, dilanjutkan dengan sambutan Dekan FH Unsri, Dr. Febrian, SH, MS. Didahului dengan penghormatan kepada Wakil Dekan I Dr. Mada Zuhir, Wakil Dekan II,Vegitia Ramadhani, Wakil Dekan III Dr. Zulhidayat,  Asociate Profesor Sahlawati, dan Dr. Datin Rohani dari Universitu Kebangsaan Malaysia (UKM) serta dosen lain yang berhalangan hadir seperti Prof. Joni Emirzon yang sedang melaksanakan tugas sebagai panitia pemilihan rektor Unsri.

Kegiatan kita hari ini pelepasan anak-anak kita yang bukan lagi mahasiswa. Tetapi mereka telah jadi alumni dan kita lepas untuk Kembali ke orangtua lalu bekerjalah dengan ilmu yang telah berhasil dimiliki. Selain mereka berpeluang untuk bekerja ada juga yang melanjutkan S2, kenotariatan atau seterusnya lanjut ke program doctor. Semua terpulang kepada para alumni untuk menentukan Langkah ke depan.

Usai yudisium sesi pertama dilanjutkan dengan sesi kedua di tempat yang sama. Pada sesi kedua selain meyudisium Sarjana Hukum, juga Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan serta Doktor Ilmu Hukum. Prosesi dilakukan seperti sesi pertama. Setelah Dekan  FH Unsri Dr.Febrian, SH, MS melakukan pelantikan terhadap  32 Sarjana Hukum kemudian dilanjutkan Ikrar Alumni dipimpin oleh Rizki Vernando SH sebagai bentuk komitmen mereka saat mengemban keilmuan yang telah berhasil mereka raih.

Sebagai bentuk kesan dan pesan kemudian tampil Muhammad Prima Akbar yang menyampaikan sambutan  mewakili alumni baru. Prima menyampaikan rasa syukur kehadirat Allah sehingga atas karuniaNya sehinga bisa menyelesaikan Pendidikan ini dengan baik. Di samping itu shalawat dan salam juga kepada Nabi Muhammad Rasulullah Revolusioner sejati.

“Hari ini adalah hari kemenangan kita karena berhasil menyelesaikan pendidikan dengan baik meski untuk meraihnya penuh perjuangan,” ujarnya.

Untuk itu dia  mengajak sebagai lulusan FH Unsri untuk mewujudkan diri menjadi individu yang unggul di tengah masyarakat dengan ilmu yang kita miliki. Prosesi kemudian dilanjutkan dengan pelantikan program magister ilmu hukum, kenotariatan dan program doctor ilmu hukum. Pada pelantikan Program Doktor Ilmu Hukum berhasil menjadi alumni cumlaude dengan IPK 4 atas nama Dr. Bambang Sugiharto SH MH.

Usai itu dilanjutkan dengan sambutan Dekan FH Unsri Dr. Febrian SH, MS yang menyatakan rasa syukurnya meski tiap tahun melakukan yudisium dan wisuda tapi acara seperti ini menimbulkan rasa haru untuk terus mendorong para alumni agar dapat berkiprah di masyarakat dengan ilmu yang telah diberikan saat kuliah di FH Unsri.

Menurut Febrian, kondisi yang membanggakan dari tahun ke tahun lulusan FH Unsri makin baik. Makin banyak yang lulusan dengan predikat dengan pujian. Lulusan yang lainnya baru sangat memuaskan dan memuaskan.

Kondisi itu tampak saat lulusan yang mewakili alumni baru saat diminta memberikan sambutan telah tampil dengan sangat maksimal dan menunjukan wawasan yang luas. “Mereka itu kalau dikasih kesempatan bicara seperti tidak mau turun lagi dari podium saking ahlinya orasi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Febrian juga menjelaskan bahwa FH Unsri telah memiliki Jurnal-jurnal kualitas internasional. Seperti Sriwijaya Law Review sedangkan sebelumnya ada jurnal  Simbur Cahaya yang monumental itu. Di samping itu ada Jurnal  Repertorium untuk notariat. Semua itu telah dipublikasi. Puncaknya hari itu juga dilakukan lounching SCLS atau Sriwijya Crimen Legal Studies yang disambut dengan tepuk tangan gemuruh hadirin. Usai momen itu dilanjutkan dengan foto bersama wisudawan masing-masing strata serta ramah tamah semua hadirin.

Sumber: https://www.swarnanews.co.id/fh-unsri-gelar-yudisium-ke-166-hasilkan-alumni-berdaya-bersaing-tinggi/

0

You may also like

MAHASISWA FH UNSRI MENGIKUTI UJIAN KOMPREHENSIF
500 MAHASISWA MENGIKUTI PRETEST PESERTA PLKH FH UNSRI
GEDUNG JURNAL FH UNSRI