Lindungilah Karya Anda

09 Maret 2011, 09:14, dibaca 933 kali
Share |

LINDUNGILAH HASIL KARYA ANDA SEBELUM DIAKUI OLEH ORANG LAIN


Tim Penyuluh Fakultas Hukum Unsri telah melakukan sosialisasi tentang Hak Kekayaan Intelektual di Indonesia di hadapan siswa siswi SMA Negeri I Tanjung Raja pada tanggal 8 Oktober 2010. Kegiatan tersebut sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan pengajaran dan penelitian. Di hadapan siswa siswi SMA Negeri I Tanjung Raja, Tim Penyuluh yang beranggotakan Arfianna Novera, S.H.M.Hum, Sri Turatmiyah, S.H.M.Hum dan Rosmala Polani menjelaskan tentang arti pentingya HKI di Indonesia. Penyuluhan tersebut diikuti oleh kurang lebih 200 (dua ratus ) yang terdiri dari guru dan siswa SMA Negeri I Tanjung Raja, Tim Penyuluh menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan HKI dan arti pentinya pendaftaran HKI.

Landasan hukum HKI antara lain: UU No. 31 tahun 2001 tentang Desain Industri, UU No. 30 tahun 2000 tentang Rahasisa Dagang, UU No. 15 tahun 2001 tentang Merek, UU No. 14 tahun 2001 tentang Paten dan UU No. 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta. Sebagai Negara yang kompleks dan penuh dengan masalah internal yang belum terpecahkan, Indonesia merupakan surga indah untuk pembajakan hasil karya seseorang. Bukan hanya oleh bangsa Indonesia sendiri, melainkan juga oleh bangsa lain yang banyak mengakui hasil karya asli atau budaya asli bangsa Indonesia. Terutama di bidang seni dan kebudayaanm seperti tari-tarain, batik, tempe, bahkan lagu-lagu daerah sudah dipatenkan dan bahkan diakui sebagai hasil karya bangsa lain atau kebudayaan bangsa lain. Masih ingat sengketa antara masyarakat kesenian Indonesia dengan pihak Malaysia yang melakukan promosi pariwisata dengan menggunakan “Rasa Sayange” dengan menggunakan Reog Ponorogo dengan simbol atau tulisan pada bagian kepalanya. Untuk supaya lebih waspada mengenai pendaftaran karya cipta tersebut, kita harus mengerti dulu, apa yang dapat dikategorikan sebagai karya cipta. HKI atau Hak Kekayaan Intelektual yang dalam istilah asing disebut “ Intelectual Property Rights” adalah hak yang diberikan oleh Negara kepada seseorang atas hasil ciptaannya.

Pemegang HKI berhak melarang pihak lain menikmati secara ekonomis hasil ciptaannya atau penemuannya tanpa ijinnya selama periode tertentu. Hak yang diberikan tidak seluruhnya sama, tergantung pad ajenis kekayaan intelektual yang dimintakan perlindungannya. Perlindungan atas beberapa jenis HKI seperti paten, merek, dan desain industri diperoleh melalui pendaftaran secara resmi pada Direktorat Jenderal HKI Kementerian Hukum dan HaM (Ditjen HKI. Dalam hal ini Ditjen HKI dapat menolak pendaftaran HKI berdasarkan alas an formal atau substansial sesuai peraturan perundang-undangan. Ketiadaan pendaftaran tersebut menyulitkan pengguna HKI mengklaim kepemilikan dan dalam hal penegakan hak apabila terjadi pelanggaran oleh pihak lain. Hak cipta meliputi bidang ilmu pengetahuan, karya sastra dan seni seperti buku, hasil karya tulis, dan lain-lain. Walaupun tidak wajib, pendaftaran ciptaan pada Ditjen HKI dapat dijadikan sebagai alat bukti awal di pengadilan apabila timbul sengketa di kemudian hari HKI dapat beralih atau dialihkan dengan cara pewarisan, hibah, wasiat, perjanjian atau sebab-sebab lain yang sesuai ketentuan Undang-undang. Setiap pengalihan HKI harus disertai dengan dokumen akta tentang pengalihan hak. Pengalihan HKI dan perjanjian lisensi wajib dicatatkan pada Ditjen HKI. Mengapa HKI perlu dilindungi? HKI adalah hak eksklusif yang diberikan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptaannya.

Dilihat secara kebih rinci HKI merupakan bagian dari benda yaitu benda tidak berwujud (benda immateriil). HKI adalah hak yang dimiliki oleh manusia atas kekayaan yang timbul dari hasil pemikiran intelektual. Karya-karya tersebut dilahirkan atau dihasilkan atas kemampuan intelektual manusia melalui curahan waktu, tenaga, pikiran, daya cipta, rasa dan karsanya. Oleh karena itu HKI muncul sebagai suatu penghargaan atas segala pengorbanan yang dicurahkan dalam penciptaan karya itu. Hal tersebut yang membedakan kekayaan intelektual dengan jenis kekayaan lain yang juga dapat dimiliki manusia tetpai tidak dihasilkann oleh intelektualitas manusia. HKI mendapat perlindungan dari pemerintah melalui pemberian HKI.

Tujuan dari perlindungan HKI adalah memberi kejelasan hukum di bidang HKI, memberi penghargaan atas suatu keberhasilan dari usaha atau upaya menciptakan suatu karya intelektual, merangsang terciptanya upaya alih informasi melalui kekayaan intelektual serta alih teknologi melalui paten, serta memberi perlindungan terhadap kemungkinan ditiru karena adanya jaminan dari negara bahwa HKI hanya diberikan kepada yang berhak. Karena pendaftaran HKI sangat memberikan manfaat, maka kesadaran untuk mendaftarkan ciptannya untuk mendapatkan HKI harus terus ditingkatkan.

Ada seorang siswa menanyakan apakah dalam proses pendaftaran HKI perlu biaya? Inilah hambatan-hambatan yang sering dialami antara lain: a.) pendaftaran merek akan ditolak bila tidak memenuhi unsur kebaruan, dan bila sudah ada merek yang sama lebih dahulu terdaftar karena menganut “ first to file”. b.) Pendaftaran hak cipta akan ditolak jika tidak orisinil. c.) Soal biaya dan prosesnya lama. Sebagai penutup Tim Penyuluh Fakultas Hukum Unsri menyampaikan bahwa HKI adalah suatu hal yang penting dalam penciptaan suatu produk. Ada beberapa manfaat dalam pendaftaran HKI yaitu mendapatkan perkindungan secara hukum atas produk yang dihasilkan, mendapatkan nilai ekonomis atas penggunaan produk itu, dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan kebudayaan dan sosial. Hambatan dapat diatasi dengan peningkatan kesadaran akan HKI juga perbaikan pelayanan dari pihak pemerintah.



Komentar:

15 September 2011, 06:57
rickgomz:
http://www.pillspass.com/ cheapest priligy 05805 http://www.qualitytablets.net/ lexapro message boards 388245

Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion