Budi Rahmat : Membaca dan Membangun Tim

08 Maret 2011, 11:30, dibaca 2171 kali
Share |

PROFILE MAHASISWA

Ketika seorang mahasiswa berbicara tentang debat, maka terlintas dibenak mereka tentang fakultas hukum. Debat memang berkaitan erat dengan fakultas hukum, namun tidak semua mahasiswa dari fakultas hukum bisa berdebat dengan baik dan benar. Dan untuk terjun langsung dan menjadi seorang pendebat yang baik bukanlah hal yang mudah. Menurutnya, “Untuk menjadi seorang pendebat atau tim debat yang solid bukanlah hal yang mudah atau gampang, selain harus banyak membaca dan ada beberapa faktor yang harus dipenuhi”. Berbekal kemampuan public speaking yang baik Budi mencoba mengembangkan diri dengan ikut sebuah Kompetisi Debat Konstitusi se-Kota Palembang.

Setelah berhasil menjadi juara satu untuk regional Sumatera Selatan, ia pun ditunjuk untuk mewakili Sumatera bertanding di kancah nasional. Selain menjadi pemenang di Kota Palembang ia dan timnya juga menjadi runer-up di tingkat regional 1. Dengan moto “Harus pulang tanpa tangan kosong” tekad inilah yang memotivasi tim supaya menjadi lebih solid. Setelah menjalani runner-up di regional 1, Budi dan timnya pun terbang ke Jakarta untuk mengikuti Kompetisi Debat ketingkat nasional. Sebelum berangkat ke Jakarta ia harus berusaha lebih keras, 3-4 jam saja. Tetapi dengan alasan untuk jadi pemenang, pria yang bercita-cita ingin menjadi pakar Hukum Tata Negara ini pun berhasil mengalahkan semua perasaan itu. Tahap pertama ia lalui dengan rasa percaya diri dan konsekuen, yang membuatnya melanjut ke tahap kedua. Namun, kesolidan tim ini harus terhenti ketika tahap kedua, tim ini harus tersingkir dari perlombaan.

Meski perah menang di regional sumatera dan kalah di tingkat nasional. namun ia tetap bangga karena telah bisa mengikuti Debat tingkat nasional yang sebelumnya tidak penah terfikir dibenaknya. Ada beberapa tips untuk memenangkan perlombaan debat menurutnya, yakni : 1). Harus sering membaca, karena membaca disinilah ia baru merasakan betapa susah dan beratnya untuk memenangkan pertandingan ini. Mulai dari waktu bermain (istirahat) yang lebih sedikit, belajar setiap hari mulai dari pagi, siang dan malam, bahkan perubahan waktu tidur yang biasanya 5-8 jam menjadi merupakan jendela ilmu pengetahuan; 2). Teknik berbicara, ketika sedang berdebat kita harus bisa menjaga intonasi ketika berbicara agar orang yang mendengarkan bisa merasa nyaman dan menerima dengan baik; 3). Memiliki mental juara; 4). Tekad (semangat), hal ini sangat penting mengingat semangat juga bisa memberikan motivasi bagi diri kita. Pria yang lahir di Bandar Lampung, 28 Oktober 1989 ini berharap kedepannya, Fakultas Hukum Unsri dapat menjadi lebih baik di segala aspek seperti peningkatan fasilitas kampus dan keefektifan dosen dalam mengajar khususnya para dosen senior.

Selain itu ia juaga berharap Organisasi yang ia duduki selama ini (BEM dan ALSA) dapat terus berkembang dengan baik dan eksis sampai kapanpun.



Komentar:

15 September 2011, 08:20
delimestan:
http://www.pricechampion.net/ accutane ctdn http://www.pillsparadise.com/ online pharmacy valtrex valium :-(

19 Agustus 2011, 13:02
Savion:
Too many compliments too liltte space, thanks!

30 Mei 2011, 11:58
budi08:
talk less do more....

20 Mei 2011, 22:24
wahahaaaa:
lalu mari kita komparasi dengan mahasiswa "tanah jawa" yang bergaya sangat "leneh" atau mahasiswa dari makassar yang super expressive dalam penampilan dan tidak cenderung di pandang "ugal",,,....tatapi jangaN TANYA SOAL OTAK mereka......terbukti mereka unggul lebih baik dalam debat2 yang di tulis di atas,,,,,,hmmmm saya jadi malu jika tolak refleksi adalah mahasiswa dari sana....mari bermuhasabah diri...........mari..... LOL

30 April 2011, 16:47
weleh:
alhamdulillah mahasiswa ada yg care dgn kualitas FH.denger nich para dosen senior,..

Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion