Dies Natalis UNSRI dan Sea Games

08 Maret 2011, 11:14, dibaca 1088 kali
Share |

Palembang-didalam Arya Duta Hotel diadakan Seminar Silahturahmi Nasional Alumni Dalam Rangka Hut Emas UNSRI yang ke-50 bentuk kegiatan yang meliputi bagaimana visi dan misi daripada aparat pemerintah daerah yang dimulai dari penjelasan gubernur Sumatera Selatan H.Alex Noerdin, Ketua DPR RI Marzuki Ali, Wali Kota Madya Palembang Eddy Santana, Presiden PT. Freeport Indonesia dan Rektor UNSRI Prof. Dr. Badia Perizade, M.B.A. Kegiatan tersebut bertempat di Ball Room Arya Duta Hotel pada tanggal 1 November 2010 yang dihadiri oleh Mahasiswa UNSRI dan para tamu undangan yang juga beberapa dari mereka adalah alumni UNSRI.

Sambutan pertama yang disampaikan oleh Gubernur Sumatera SelatanH.Alex Noerdin. Beliau menyampaikan persiapan untuk menyiapkan event Internasional Sea Games 2011 di Palembang. Diharapkan masyarakat dapat memberikan partisipasi guna terlaksananya event Internasional tersebut. Persiapan ke arah itu saat ini telah memulai pembenahan dan persiapan sarana prasarana. Seperti akan membangun stadion bersyarat Internasioanal, Aquatic Center (kolam renang) direncanakan tidak menggunakan porselin melainkan menggunakan stenlis steel dengan mengambil lokasi di Jaka Baring. Juga akan dibangun lintasan ski air dengan panjang lintasan 1200 M dan lebar 200 M, lapangan Base Ball, Soft Ball, Panjat Tebing, Lapangan Golf, Lapangan Tembak di Jaka Baring kategori Sniper, Lapangan Pentaque, Lapangan Voli Pantai, Bowling, dan Bilyard. Pemerintah daerah Sumatera Selatan juga menyiapkan sarana prasarana yang dapat menunjang kegiatan tersebut dengan membangun wisma atlit yang dapat menampung para atlit sebanyak 4.140 atlit. Sebelum dibangun, wisma akan dipamerkan agar masyarakat mengatahui dengan jelas dan dapat merasakan bagaimana wisma atlit di Palembang Square Minggu depan. Fasilitas lainnya yang dipersiapkam pemerintah Sumatera Selatan dalam rangka persiapan Sea Games di Palembang November 2011 adalah Gedung Sekretariat Panitia yang akan dibangun 17 lantai, PLN yang sangat mempengaruhi jalannya event Sea Games tersebut, Instalasi air bersih siap minum (khusus Jk. Baring Sport Center), Water Theme Park, Pembangunan Berwawasan Hijau yang tentu dapat membantu terciptanya lingkungan asri di Sumsel, Gor Srwijaya, memperluas Bandara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II, dan merenovasi stasiun Kereta Api yang paling megah layaknya seperti mall ujar Gubernur sumsel tersebut.

Tidak tanggung-tanggung demi menunjangannya event Sea Games November 2011 di Sumatera Selatan nanti juga akan dibangun hotel-hotel baru bertaraf Internasional bintang 4 dan 5, tempat-tempat wisata, rumah sakit, tempat ibadah, security, restoran, pasar tradisional dan modern dan juga menciptakan lingkungan yang bersih dan asri di wilayah Sumatera Selatan, pastinya dengan bangga Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyinggung menganai Palembang yang juga selalu mendapat penghargaan Adipura empat kali berturut-turut. Beliau juga menjelaskan PT Freeport Indonesia akan menyumbangkan dana untuk Sea Games yang dimotori oleh Ir. Armando Mahler yang juga alumni Universitas Sriwijaya hadir dalam acara seminar tersebut. Tambahnya lagi, dana yang digunakan untuk event Internasional Sea Games, tidak menggunakan dana APBD. Karena sebagaimana mestinya, dana APBD digunakan untuk sekolah gratis, berobat gratis, dan membuka lapangan kerja baru. Dengan adanya Sea Games tentunya juga akan membantu dan memudahkan masyarakat dalam mendapat lapangan kerja.

Selain membahas mengenai perencanaan persiapan Sea Games November 2011, Alex Noerdin juga memberitahu bahwa Tanjung api-api akan dibuat menjadi kawasan industri seperti aluminium, pabrik pupuk, ban, semen, glasifikasi dan lain-lain. Peran penting Sumsel menurutnya sebagai lumbung energi nasioanal (minyak, gas bumi, batubara) dan lumbung pertanian (padi, kelapa sawit). Ia juga berwacana akan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Palembang.

Hal tersebut disambut antusias oleh para tamu undangan yang hadir dalam acara seminar tersebut. Ia juga melanjutkan, bahwa UNSRI sebagai motor didepan mengenai layaknya pemindahan ibu kota dari Jakarta-Palembang. Pada kesempatan itu beliau juga memberitahukan bahwa akan dibangunnya Masjid tercantik di Indonesia yang disebelahnya akan ada Islamic Center dan tentunya berlokasi di Jaka Baring. Tahun depan juga akan dibangun Rs. Umum Daerah bertaraf Internasional. Demi menunjangnya semua pembangunan tersebut mebutuhkan dana sekitar 100 Triliyun dan tidak lupa ia mengingatkan dana tersebut tidak akan menggunakan dana APBD. Di akhir sambutannya beliau bersama pemerintah Sumatera Selatan dapat membawa Sumsel menjadi lebih baik lagi, terdepan, berkualitas dan tentunya hal itu tidak akan berjalan mudah tanpa kerjasama dan partisipasi masyarakat Sumsel sendiri. Demi terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan Sumatera Selatan. Ditambah lagi oleh Ketua DPR RI Dr. Marzuki Ali (Alumni UNSRI) yang juga hadir dalam acara tersebut ia menambahkan perencanaannya dalam menjalani pemerintahannya sebagai Ketua DPR RI kedepan, memberikan beasiswa bagi orang yang cerdas yang mempunyai kelas tersendiri, bagaimana usaha akan kebebasan untuk mengelola dana-dana non pemerintah, dana percepatan membangun lembaga-lembaga yang kita inginkan, dan tentunya meningkatkan ekstensi agar masuk dalam kelompok dunia.

Tidak mau kalah, Rektor Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Badia Perizade, M.B.A. juga menjelaskan visi misi dan peran UNSRI sebagai kemajuan inovasi terhadap dunia iptek. sejauh ini UNSRI telah melahirkan orangorang berkualiatas S-1 (21.400 orang), S-2 dan S-3 (2357 orang), Profesor sebanyak 57 orang yang juga direncanakan akan menjadi 60 orang professor. Beberapa mahasiswa UNSRI berprestasi juga mengambil Credit Earning di Thailand. Dan beliau juga menyinggung bahwa pendidikan kedokteran belum masuk program akreditasi akan direncanakan masuk program akreditasi. Dengan membawa UNSRI menjadi universitas yang berkualitas. terdepan, bergengsi dan dapat berkancah di dunia Internasional beliau juga berharap agar Universitas Sriwijaya dapat bermanfaat bagi masyarakat. (Tia&MTN)



Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion