Kado Manis Ulang Tahun

01 November 2013, 10:16, dibaca 1384 kali
Share |

KADO MANIS ULANG TAHUN

Mulainya pendidikan hukum di Sumatera Selatan

Awal mula pendidikan hukum di Sumatera Selatan tidak dapat dilepaskan dari sejarah berdirinya Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti pada tahun 1953. Bertepatan dengan Dies Natalis IV Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi Syakhyakirti pada tanggal 1 November 1957 diresmikan berdirinya “Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat” oleh tokoh-tokoh masyarakat Sumatera Selatan, antara lain Kolonel Harun Sohar (Panglima selaku Ketua Peperda TT II/Sriwijaya) dan A. Bastari (Gubernur/Kepala Daerah) dengan delegasi yang menemui Menteri PPK (Mr. Moh. Yamin).

Bulan Desember 1959 diperoleh jaminan kesediaan Pemerintah untuk mengambil alih Perguruan Tinggi Syakyakirti menjadi suatu Universitas Negeri. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 1960 tanggal 29 Oktober 1960 (Lembaran Negara Tahun 1960 No.135) ditetapkan Universitas Sriwijaya, sebagai Universitas Negeri di Sumatera Selatan, sejak saat itu Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya secara resmi berdiri. Peresmian Universitas Sriwijaya ditandai dengan penandatanganan piagam pendirian oleh Presiden Soekarno pada tanggal 3 November 1960 dalam upacara dengan disaksikan oleh Menteri PPK (Mr. Priyono), dan beberapa Duta Besar negara sahabat.

Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Berusia 53 Tahun

Bila dihitung sejak diresmikannya Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya pada bulan Oktober tahun 1960, usia Fakultas Hukum saat ini sudah lebih dari setengah abad. Selama 53 tahun Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya berkiprah di dunia pendidikan hukum di Sumatera Selatan telah menghasilkan 5.587 orang sarjana hukum. Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya termasuk Fakultas Hukum yang memiliki program pendidikan yang lengkap, yaitu Program Sarjana Hukum (S1), Program Magister Ilmu Hukum (S2), Program Magister Kenotarian (MKn), dan Program Doktor Ilmu Hukum (S3). Ketiga program yang disebut terakhir telah menghasilkan lulusan masing-masing Magister Ilmu Hukum (S2) 489 orang, Magister Kenotariatan (S2) 81 orang, dan 4 orang Doktor Ilmu Hukum (S3).



Selama 53 tahun perjalanannya Fakultas Hukum telah dipimpin oleh Dekan, secara berturut-turut, Mr. Oen Po Djiang (1960 – 1963), Mr. Zainal Abidin (1963 – 1965), Caretaker yang terdiri dari H. Makmoen Soelaminan, SH., H. Amrah Muslimin, SH., Mochtar Siregar, SH. (1965 – 1966), Letkol. Tambuh Semendawai, SH. (1966 – 1969), Letkol. Tambuh Semendawai, SH. (1969 – 1972), Prof. Amrah Muslimin, SH. (1972 – 1974), AS. Natabaya, SH. (1974 – 1978), Toto Kasihan, SH. (1978 – 1980), Mustafa Abdullah, SH. (sebagai pejabat 1980 – 1982), Mustafa Abdullah, SH. (1982 – 1988), Gustam Idris, SH. (1988 – 1991), Dadio Soewardjo, SH. (1991 – 1994), H. Abdul Aziz Numal, SH. (1994 – 1997), Prof. H. Abu Daud Busroh, SH. (1997 – 2001), H. K.N. Sofyan Hasan, SH., MH. (2001 – 2005), H. M. Rasyid Ariman, SH., MH. (2005 – 2009), Prof. Amzulian Rifai, SH., LL.M., Ph.D. (2009 – sekarang).

Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Layak Memperoleh Akreditasi Dengan Nilai A

Dalam perjalanannya Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya pernah memperoleh Akreditasi dengan Nilai A dari BAN PT, yaitu pada tahun 2003 – 2008 pada masa kepemimpinan H. KN. Sofyan Hasan, SH.,MH, kemudian Akreditasi Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya turun menjadi B pada periode 2008 – 2013. Alhamdulillah pada masa kepemimpinan Prof. Amzulian Rifai, SH., LL.M., Ph.D, Akreditasi Fakultas Hukum kembali memperoleh Nilai A. Prestasi tersebut sebagai kado manis pada usia yang ke 53 Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya. Pencapaian ini layak diperoleh Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya, karena banyak kemajuan yang telah dicapai, seperti peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kerjasama baik dibidang penelitian, kerjasama dibidang pertemuan-pertemuan ilmiah tingkat daerah, regional, nasional, maupun internasional. Perbaikan fasilitas penunjang kegiatan akademik-pun menjadi perhatian termasuk menggagas dan mewujudkan impian memiliki gedung perkuliahan yang representatif. Saat ini sedang dibangun gedung 8 lantai di Fakultas Hukum Kampus Palembang.
Kenyamanan lingkungan kampus telah dirasakan oleh sivitas akademika melalui perbaikan sarana dan prasarana ruang kuliah yang sejuk, ruang tunggu dosen yang tertata, lingkungan yang asri, dan fasilitas penunjang lainnya. Fasilitas transportasi bagi karyawan, dosen dan mahasiswa menuju Kampus Indralaya tersedia dengan baik, setidak-tidaknya 4 buah bus dengan masing-masing 30 tempat duduk dan kendaraan minibus secara rutin mengantarkan dosen, karyawan dan mahasiswa dari dan ke Kampus Indralaya.

Dinamika Kegiatan Mahasiswa

Mahasiswa sebagai bagian dari sivitas akademika Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya telah pula memberikan kontribusi yang bermakna terhadap keberhasilan Fakultas Hukum memperoleh Akreditasi A. Kampus Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya di Palembang dan di Indralaya hampir tidak pernah sepi dari kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dikelola oleh organisasi mahasiswa, BEM, DPMF, BO Ramah, BO ALSA, BO Olympus, BO Themis, WIGWAM, HIMAS, dan kegiatan-kegiatan lain seperti partisipasi mahasiswa dalam debat ilmiah, debat konstitusi, kompetisi peradilan semu (moot court), donor darah, bakti sosial. Kesemuanya ikut mewarnai keberhasilan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya meraih prestasi dengan Akreditasi A.

Masa Datang Dengan Tantangan Yang Berat

Paling tidak selama 5 tahun kedepan, Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya telah berhasil mempersembahkan kepada mahasiswa dan alumni sebuah penghargaan dalam pengelolaan akademik dengan Akreditasi A. Namun demikian, kita tidak boleh berpuas diri, hingar bingar dan hiruk pikuk euforia atas prestasi tersebut, karena orang bijak telah berpesan “meraih lebih mudah dari mempertahankan”. Ada beban untuk selalu bekerja keras, agar prestasi yang telah diraih dapat dipertahankan pada masa yang akan datang.(mmd/yp).

Selamat ulang tahun Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya;
Selamat atas prestasi yang telah diraih;
Prestasi ini didedikasikan untuk mahasiswa dan alumni.



Komentar:

01 November 2013, 13:10
Dr. Ridwan:
Sinergis para insan FH Unsri (pimpinan, Dosen, tenaga kependidikan/karyawan, mahasiwa, alumni, dan stakeholders), telah mewujudkan dan membuktikan bahwa FH Unsri sebagai salah satu FH terbaik dengan akreditasi nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN PT) tahun 2013. Selamat atas capaian nilai akreditasi A dan selamat ulang tahun FH Unsri, dirgahayu. Kita syukur i karunia agung ini atas kerja keras kita bersama para insan FH Unsri. Terus jalin erat dan tingkatkan kinerja yang yang baik ini di masa mendatang.

Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion