Dosen yang mendapat tugas tambahan

28 Juli 2011, 11:56, dibaca 11010 kali
Share |

Dosen yang bernama lengkap Amaturrahman S.H ini merupakan dosen tetap di fakultas hukum unsri sampai sekarang. Suami dari hartati ini sendiri memulai karirnya sebagai dosen yaitu ketika dia resmi dilantik menjadi Sarjana Hukum tepatnya pada tahun 1987 dengan berpredikat cumloude atau dengan pujian. Tepat setelah acara pengukuhan tersebut itu juga, dia ditawari oleh Prof. Mahmud Sulaiman untuk menjadi dosen. Dia pun merespon dengan positif jika berminat menjadi dosen. Akan tetapi sebelumnya dia bermusyawarah terlebih dahulu dengan keluarganya.

Setelah cukup melalui proses yang cukup panjang, akhirnya dia memutuskan bahwa dia siap menjadi dosen fakultas hukum unsri. Kemudian, dia menemui dekan fakultas hukum unsri untuk direkomendasi menjadi dosen. Selanjutnya, dia pun diterima dan mengawali karirnya sebagai asisten dosen hukum acara perdata pada tahun 1988.
pada tahun itu juga tepatnya di bulan September, beliau mengikuti tes penerimaan dosen dan akhirnya dia pun diterima dan resmi menjadi dosen di fakultas hukum unsri.
Seiring berjalannya waktu dan dedikasinya yang telah diberikan untuk fakultas hukum unsri. Tepat pada bulan februari 2007, bapak dari tiga anak ini diberikan suatu kepercayaan dan amanah yaitu terpilih sebagai pembantu dekan tiga. Dia pun sangat bersyukur karena mendapatkan amanah dan kepercayaan tersebut.

Sebagai Pembantu Dekan III, sudah barang tentu tugas yang akan dilakukan yaitu mengikuti berdasarkan program dari Dekan Fakultas Hukum UNSRI yaitu meneruskan program yang sudah ada juga program yang berkelanjutan dengan memperhatikan juga situasi kondisi terutama yang berhubungan dengan finansial di Fakultas Hukum UNSRI.
Tugas pokok dari program sebagai Pembantu Dekan tiga itu sendiri ialah terutama di bidang kemahasiswaan yaitu seperti mengorganisir segala BO yang telah ada di fakultas. Contoh kongretnya ialah jika ada BO yang ingin mengadakan suatu kegiatan baik itu berupa seminar, lomba dan semacamnya. Maka, BO tersebut harus mengajukan rekomendasi ke PD III dan PD III kembali menindak lanjuti atau mengurusniya. Selain itu, tugas PD III juga mengurusi dan mengawasi mahasiswa yang ikut program beasisiwa. Contohnya beasiswa PPA ( Peningkatan Prestasi Akademik ) dan BBM ( Bantuan Belajar Mahasiswa ). Ujarnya menambahkan.

Dosen yang mendapatkan tugas tambahan. Hal itulah yang dijelaskan beliau menyangkut tugasnya sebagai dosen pengajar dan pembantu dekan III. Hal ini sendiri merupakan suatu tantangan terberat baginya yaitu dimana harus mampu memanajemen secara baik terutama masalah waktu yaitu tugas sebagi dosen dan pembantu dekan III.
Kendala yang dihadapi pun sudah pasti ada, seperti contohnya ialah adanya kegiatan rapat di universitas yang waktu kegiatannya bertabrakan dengan waktunya yang semestimya harus mengajar. Meskipun begitu, ada langkah preventif yang dilakukan oleh beliau yaitu meminta dosen lain untuk menggantikannya untuk mengajar.

Saat kami ( reporter Media Sriwijaya, red ) meminta tanggapan beliau mengenai adanya aksi mahasiswa pada saat pemilihan pembantu dekan yang baru, beliau merespon secara positif terhadap kegiatan aksi tersebut. Terutama adanya anspirasi mahasiswa terhadap kinerja Pembantu Dekan III. Dia menganggap bahwa hal tersebut merupakan anspirasi dari mahasiswa demi kemajuan fakultas hukum ke depan. Beliau sedikit menyampaikan tanggapan yang bernada klarifikasi yaitu ada salah seorang mahasiswa yang menjelaskan yaitu pada saat digelarnya kompetisi olahraga dies natalis. Dari pihak fakultas, menetapkan kebijakan bahwa yang dapat mengikuti kegiatan tersebut ialah mahasiswa yang berada di bawah naungan BO yang bergerak di bidang olahraga. Dalam hal ini yaitu BO Olympus. Atas dasar inilah, mahasiswa tersebut kurang setuju dengan kebijakan tersebut. Beliau memaklumi akan hal tersebut, akan tetapi dia menerangkan bahwa penunjukan perwakilan mahasiswa untuk mengikuti kompetesi dies natalis tersebut harus berdasarkan mekanisme dan kebijakan yang sudah ada.

Sebelum menutup akhir pembicaraannya, dia menyampaikan pesan kepada seluruh ormawa atau BO yang ada di lingkungan fakultas hukum yaitu jika mengadakan suatu kegiatan . haruslah berdasarkan waktu yang telah di tetapkan dari ormawa itu sendiri. Berdasarkan pengalamannya yaitu membuka suatu kegiatan yang diadakan oleh ormawa di fakultas hukum unsri itu berdasarakan waktu yang ditetapkan. Contohnya, jika harus membuka acara tersebut pada pukul 8 pagi. Akan tetapi, karena terkendala sesuatu, acara tersbut dibuka pada pukul setengah sepuluh pagi atatu bahkan selebihnya lagi.
Putra dari pasangan alm. Syarkotoni dan rusyiah ini juga menyampaikan pesan kepada Pembantu Dekan III yang baru yaitu menjalankan dengan baik program yang sudah ada dan melanjutkan atau mungkin merealisasikan program yang belum tercapai.
(Syahri dan Ardian)



Komentar:

13 September 2011, 06:42
ninojcstar:

Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion