ALIP: Kuliah Diwajibkan, Dakwah dan Organisasi Diutamakan

17 Juni 2011, 15:08, dibaca 17432 kali
Share |

Di sela – sela saat sedang duduk santai di mushola. Pria yang bernama lengkap Alip Dian Pratama ini dengan ramah menyambut kedatangan kami (reporter Media Sriwijaya, red) untuk diminta menceritakan sedikit tentang pengalamannya sebagai organisatoris di BO Ramah di fakultas hukum unsri. Berdasarkan syuro akbar ke- 10 tepatnya pada bulan juni tahun 2010. Dia secara resmi dikukuhkan sebagai ketua BO Ramah yang baru.
Dengan menjadi ketua BO Ramah yang baru, dia mulai menumbuhkan kesadaran dirinya untuk menjadi pemimpin yang baik bagi anggotanya dan mencoba meningkatkan amalan sehari – hari. Hal ini pun dilakukan karena jika dia tidak dapat menjadi contoh yang baik bagi anggotanya. Maka ditakutkan organisasi tersebut tidak akan dapat berjalan dengan semestinya.

Langkah awal yang dilakukannya ketika diketahui diaditasbihkan menjadi ketua ialah memperbaiki citra Mushallah. Alasannya ketika itu mushola dianggap sungkan untuk dijadikan tempat nongkrong atau tempat saling bertukar pikiran khususnya bagi kalangan mahasiswa fakultas hukum unsri. Kemudian, langkah selanjutnya ialah melakukan pendekatan internal dengan setiap elemen civitas fakultas hukum unsri, BO Ramah khususnya karena dia tidak ingin menjadi ketua tetapi tidak dikenal oleh anggotanya.

Kedua ide tersebut timbul dibenaknya pertama kali dikarenakan dia berprinsip menjadi seorang pemimpin haruslah mampu melayani seluruh elemen bukan sebaliknya dan ingin mewujudkan kembali bahwa mushola merupakan basis utama sebagai tempat ibadah dan bercengkerama yang layak bagi kalangan civitas. Banyak suka duka yang dirasakan oleh pria kelahiran muara enim 18 november 1990 ini. Selama menjadi organisatoris di BO Ramah dia merasakan dampak positif bagi dirinya diantaranya ialah banyak mendapatkan teman di berbagai elemen dan bisa mengasah kemampuan organisasinya. Selain itu, mulai mengontrol egonya karena sebagai ketua organisasi, dia harus siap mendapat saran atau bahkan kritikan dari semua di BO Ramah dia merasakan dampak positif bagi dirinya di BO Ramah dia merasakan dampak positif bagi dirinya diantaranya ialah banyak mendapatkan teman di berbagai elemen dan bisa mengasah kemampuan organisasinya. Selain itu, mulai mengontrol egonya karena sebagai ketua organisasi, dia harus siap mendapat saran atau bahkan kritikan dari semua orang yang berada di lingkungan fh unsri.

Akan tetapi dibalik banyaknya manfaat yang dia peroleh dari organisasi tersebut ada saja kendala-kendala yang dihadapinya dan hal inilah juga yang menjadi dukanya selama menjabat sebagi ketua. Contohnya ialah ketika para seluruh anggota mendapat seruan untuk kumpul atau rapat tetapi mereka tidak dapat hadir dengan berbagai alasan. Meskipun begitu, putra dari kedua pasangan Ardi Djurianto, SH dan Nurhidayah ini tetap berpikir positif atas kejadian tersebut. Dia berpikir mengapa hal ini dapat terjadi, mungkin dari dirinya sendiri kurang memberi penekanan kepada anggotanya. Untuk dapat mengubah agar hal tersebut tidak terjadi lagi ialah sering melakukan pendekatan personal kepada setiap anggota dan selalu terus mengingatkan dan memberi intruksi di setiap departemen. Hal ini dilakukan agar jalinan komunikasi di berbagai elemen BO Ramah tetap terikat dan berkelanjutan. Di saat akan mendekati masa akhir jabatannya. Ternyata masih ada keinginannya yang belum dapat direalisasikannya. Diantara lainnya ialah belum mampu berdakwah di berbagai elemen civitas fakultas hukum secara keseluruhan. Menurutnya, kenapa hal ini dapat terjadi dikarenakan dari factor kepribadian mahasiswa itu sendiri khususnya yang bersikap apatis. Jangankan untuk organisasi di bidang kerohanian seperti BO Ramah tetapi di organisasi bidang non kerohanian saja tidak mereka ikuti. Ujarnya menambahkan. Kemudian, dari segi sarana dan prasarana.

Dia menginginkan adanya ruang sekretariat yang dimana tujuaanya ialah digunakan sebagai tempat diskusi dan istirahat bagi anggota BO Ramah itu sendiri dan juga adanya perpustakaan mini di mushola. Dia berpendapat, dengan adanya perpustakaan mini tersebut. Maka akan dapat menumbuhkan minat baca dan memperluas khazanah tentang islam. Oleh karena itu, dia berharap ke depan para penerus BO Ramah ke depan dapat merealisasikan keinginannya tersebut. Sangat sibuk dan repot atau mungkin juga jenuh. Mungkin itulah terpancar di pikiran kita melihat kesibukan keorganisasian yang dialami oleh pria yang sangat menyukai nasi goreng dan rending ini.Akan tetapi, dugaan itu ternyata salah. Dia menjelaskan bahwa dia mampu memanajemen antara waktu kuliah dan organisasi secara efektif dan efesien. Justru dia menganggap banyak dampak postif yang dia raih dari mengikuti kegiatan organisasi tersebut di kegiatan perkuliahannya. Seperti pada motonya ialah kuliah diwajibkan, dakwah dan organisasi diutamakan. Maksudnya ialah dia tidak ingin menjadi seorang sarjana hukum yang hanya lebih menonjolkan nilai IPK saja tetapi harus juga menonjolkan jiwa keorganisasiannya juga yang dapat bermanfaat di lingkunagn bidang pekerjaan dan lingkungan social masyarakat. Sebelum menjelang akhir pembicaraan kami ( reporter Media Sriwijaya, red ) dia menyampaikan sedikit pesan dan kesannya selama menjadi ketua BO Ramah. Dia berpesan kepada seluruh civitas fh unsri, jika diemban suatu amanah, maka jalankanlah sesuai dengan pribadi masing – masing. Kesan yang dia rasakan selama menjadi bagian penting di BO Ramah ialah mungkin BO Ramah akan menjadi keluarga besar bagi dirinya. Karena di organisasi ini rasa persaudaraan yang terjalin tidak terikat oleh perbedaan suku, daerah atau yang lainnya. Akan tetapi diikat dengan melalui kalimat l a i l l a h a i l l a l l a h u muhammadarrasullulah. (Syr)
 



Komentar:

13 September 2011, 07:39
mattydg:
http://www.yourpillshouse.com/ colchicine and improving taste 25220 http://www.pillspass.com/ priligy 0654

14 Juli 2011, 10:43
FEDERICO BIANCO ALFONCO:
Saya ingin melihat mahasiswa-mahasiswa, jika sekiranya ia mengambil keputusan yang mempunyai arti politis, walau bagaimana kecilnya, selalu didasarkan atas prinsip-prinsip yang dewasa. Mereka yang berani menyatakan benar sebagai kebenaran, dan salah sebagai kesalahan. Dan tidak menerapkan kebenaran atas dasar agama, ormas, atau golongan apapun. _SOE HOKGIE excaim

04 Juli 2011, 23:45
ardian:
menuntut ilmu sama dengan jihad smile btul

Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion