Visi dan Misi

Visi dan Misi Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya
Visi Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Unggul terdepan dalam mewujudkan masyarakat ilmiah yang cerdas, berbudaya, dan professional di Bidang Hukum
Penjabaran dari makna dalam visi adalah sebagai berikut :

  • Unggul dan terdepan adalah suatu cita-cita untuk mencapai keadaan yang menunjukkan tingkat penyelenggaraan pendidikan tinggi hukum yang ditunjukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan hukum sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga mampu berkompetisi di era globalisasi.
  • Masyarakat Ilmiah dan professional adalah gambaran keadaan masyarakat, baik civitas akademika maupun pemangku kepentingan, untuk dapat mengerti, memahami, dan memiliki keterampilan di bidang hukum, dan pengetahuan hukum, sehingga mampu merealisasikan prinsip supremasi hukum yang berkeadilan di dalam semua dimensi dalam kehidupan bersama.
  • Cerdas adalah pola dan cara berpikir ilmiah yang didasarkan pada landasan etika dan moralitas yang tinggi, serta cakap dalam menganalisis situasi dan kondisi peri-kehidupan hukum, guna menciptakan, mengembangkan, dan menerapkan system hukum.
  • Berbudaya adalah bersikap dan berprilaku hukum yang mencerminkan pengetahuan, kesadaran, kepatuhan, dan penghormatan terhadap hukum, sebagai tatanan struktur nilai dan norma yang mensejahterakan dan berkeadilan.

Misi Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi hukum yang modern dan maju dalam upaya menghasilkan sarjana hukum yang cakap memahami, mengembangkan, dan menerapkan ilmu hukum dan cita hukum yang beretika dan bermoral. Menyelenggarakan, dan mengembangkan pendidikan tinggi hukum yang kompetitif, modern, dan maju, berbasis ilmu pengetahuan hukum dan teknologi (keterampilan) hukum sesuai dengan perkembangan masyarakat.
  2. Menanamkan, menumbuhkan, meningkatkan budaya hukum masyarakat yang dapat mewarnai dan member jiwa dan ruh bagi peri kehidupan hukum yang demokratis dan berkeadilan.
  3. Menyelenggarakan, dan mengembangkan pendidikan tinggi hukum yang kompetitif, modern, dan maju untuk memberikan konstribusi pengetahuan hukum, serta meningkatkan kesadaran hukum dan kepatuhan hukum, dalam rangka mewujudkan tata kehidupan bersama yang lebih sejahtera, tertib, dan berkeadilan masyarakat di bidang hukum dengan menerapkan ilmu hukum dan teknologi (keterampilan) hukum, sebagai upaya memberi sumbangsih untuk memajukan dan meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum.

Tujuan, Sasaran, & Strategi Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya
Tujuan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas dan mandiri yang mampu menguasai ilmu-ilmu hukum dan terampil menerapkan hukum dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta mampu bersaing di era globalisasi.
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi (keterampilan) hukum yang maju, baik secara teoritik-konseptual, metodologi, maupun paradigmatic, yang dapat memperkaya khasanah pengembangan ilmu hukum dalam semua dimensinya, dalam rangka antisipasi perkembangan global.
  3. Mewujudkan suatu tatanan kemasyarakatan yang berbudaya hukum yang memiliki nilai, sikap, etika, dan perilaku hukum yang demokratis dan berkeadilan sehingga tercipta masyarakat yang berkesadaran hukum dan patuh pada hukum.
  4. Meningkatkan peran aktif dalam membantu pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan cara menciptakan metode yang maju dalam sosialisasi dan penerangan hukum, konsultasi dan bantuan hukum, penyuluhan hukum, serta pembinaan layanan hukum.
     

Sasaran Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya

  1. Terwujudnya dan dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan keterampilan di bidang hukum, baik aspek teoritik maupun praktik hukum.
  2. Terwujudnya masyarakat akademik kreatif, kompeten, dan berdaya saing tinggi, dalam mengembangkan ilmu pengetahuan hukum dan teknologi (keterampilan) hukum, sebagai upaya mengantisipasi perkembangan global.
  3. Terwujudnya sesuatu kehidupan kemasyarakatan yang berbasis pada budaya hukum yang tinggi.
  4. Berkembangnya system interaktif dan jejaring dengan para pemangku kepentingan, baik dalam relasi sosial, kepemerintahan yang kondusif maupun kewirausahaan.
     

Strategi Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya

  1. Reorientasi, dimaksudkan untuk mengubah pola pikir, cara pandang, cara mengelola sumber daya dan cara bertindak, sikap dan perilaku serta tanggung jawab dari civitas akademika fakultas hukum universitas sriwijaya, agar lebih dapat meningkatkan layanan dan keahlian yang prima dalam semua aspek kewenangan yang ada, dalam rangka memanfaatkan potensi dan peluang yang ada, guna mendorong dan meningkatkan partisipasi segenap civitas akademika melalui peningkatan sinergitas antar kewenangan dalam mewujudkan koordinasi, integritas, sinkronisasi dan simplisiti yang berhasilguna dan berdayaguna.
  2. Reposisi, dimaksudkan untuk meningkatkan dan menguatkan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan simplisiti antar sebagai kebijakan dan program kelembagaan, guna mewujudkan pelaksanaan peran dan fungsi masing-masing komponen secara bijak dan bertanggung jawab, dengan cara merubah paradigma layanan menjadi penyumbang, pelaksana, dan penggagas yang aktif, serta dari paradigma yang mengatur kedalam (inward looking) menjadi keluar (outward looking).
  3. Revitalisasi, dimaksudkan untuk membuat dan menguatkan kembali peta jalan (road map) menuju kemajuan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan yang ditetapkan, dengan cara membuat perencanaan yang menyeluruh dan strategis serta dilaksanakan secara bersama-sama (terpadu).
     

~ @ ~